Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest

Diposting pada

Walaupun masih dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini, kamu tetap bisa berwisata. Sejak diberlakukan protokol kesehatan yang ketat oleh pemerintah, tempat wisata kini sudah boleh untuk dikunjungi. Salah satunya tempat wisata Ubud Monkey Forest di Bali yang mulai buka kembali pada tanggal 11 September 2021.

Ubud Monkey Forest merupakan tempat wisata bali yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Pulau Bali. Tapi untuk masuk ke dalam Ubud Monkey Forest, kamu wajib menunjukan surat vaksin minimal dosis pertama, ya.

Tidak lupa untuk wajib menggunakan masker dan menjaga jarak saat berada di dalam kawasan Ubud Monkey Forest.

Dan yang tidak kalah paket liburan bali penting selanjutnya, wajib memiliki aplikasi untuk scan barcode saat masuk berkunjung dan keluar Ubud Monkey Forest. Ubud Monkey Forest merupakan tempat wisata yang popular di Pulau Bali. Karena di sini kamu dapat mudah berinteraksi dengan ratusan monyet.

Monyet yang berada di sini merupakan jenis monyet ekor panjang atau yang mempunyai nama latin yaitu Macaca fascicularis. Selain itu Ubud Monkey Forest merupakan rumah untuk spesies pohon, tanaman dan tumbuhan hijau.

Daya tarik dan Keunikan Ubud Monkey Forest

Banyak turis domestik dan asing yang mengunjungi tempat wisata ini. Tentu karena terdapat banyak daya tarik dan keunikan Ubud Monkey Forest di Pulau Bali ini. Seperti:

Dapat berinteraksi langsung dengan monyet ekor panjang

Berinteraksi langsung dengan monyet ekor panjang adalah hal yang membuat turis senang untuk mengunjungi Ubud Monkey Forest di Pulau Bali. Tentu ini merupakan moment yang kamu tidak bisa dapatkan di tempat wisata lain.

Monyet ekor panjang juga merupakan hewan yang senang untuk berinteraksi dengan wisatawan yang berkunjung, menarik bukan? Tapi perlu diingat, walaupun bisa berinteraksi langsung monyet ekor panjang tetap hewan liar.

Tetapi harus tetap diingat, wisatawan yang berkunjung harus tetap mematuhi peraturan yang berlaku selama berkunjung. Itu semua dijalankan demi kenyaman dan keamanan semua pihak.

Mengunjungi Pura

Selain bisa berinteraksi langsung dengan monyet ekor panjang, kamu juga bisa mengunjungi Pura yang terdapat di Ubud Monkey Forest. Terdapat tiga pura yang berada di Ubud Monkey Forest, yaitu Pura Dalem Agung, Pura Beji, dan Pura Prajapati.

Tiga pura ini memiliki letak yang berbeda, Pura Dalem Agung terletak di barat daya. Pura Beji terletak di barat laut dan Pura Prajapati terletak di sebelah timur Karena daya tarik dan keunikan, tempat wisata ini sering masuk ke dalam paket wisata bali yang wajib kamu kunjungi.

Sejarah Ubud Monkey Forest Bali

Sebuah tempat memang selalu memiliki sejarah tersendiri, begitu pula dengan Ubud Monkey Forest. Sebagai upaya untuk menjalankan prinsip agama oleh masyarakat Hindu yakni Tri Hita Karana, maka didirikan Ubud Monkey Forest di Bali.

Tiga prinsip tersebut adalah menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia lainnya, dan manusia dengan alam atau lingkungan sekitar.

Nah, Tiga prinsip dari Tri Hita Karana harus tetap dijalankan untuk memperoleh kebahagiaan, maka dibangunlah tempat ini. Candi Pura Dalem Agung Padangtegal atau Sacred Monkey Forest Sanctuary, merupakan pura yang terdapat di dalam Ubud Monkey Forest.

Di dalam pura ini juga kerap dilangsungkan upacara. Upacara dengan nama Tumpek Kandang dan Tumpek Unduh merupakan upacara khusus di pura yang dijalankan untuk memberi penghormatan kepada para hewan. Itulah sejarah Ubud Monkey Forest.

Lokasi dan Rute Menuju Ubud Monkey Forest

Ubud Monkey Forest ini terletak di Desa Padangtegal. Lebih tepatnya di Jalan Monkey Forest, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Kamu bisa sewa mobil bali sebagai alternatif kendaraan agar cepat sampai di lokasi.

Atau jika kamu datang dengan keluarga yang lengkap atau dengan teman-teman kantor yang banyak, kamu bisa sewa bus bali yang akan siap mengantar kamu ke tujuan mana pun dengan aman.

Harga Tiket Masuk Ubud Monkey Forest

Untuk harga tiket masuk Ubud Monkey Forest adalah yang pertama dewasa, baik itu untuk wisatawan domestik dan asing sebesar Rp 60.000. Sedangkan anak-anak biayanya sebesar Rp 30.000.

Itulah informasi tentang tempat wisata Ubud Monkey Forest yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Selalu jalankan protokol kesehatan agar perjalanan wisata kamu tetap lancar. Serta selalu mengikuti aturan yang ada dan ikut menjaga kebersihan di manapun berada demi kenyaman bersama. Buka setiap hari dari jam 09.00 sampai dengan 18.00 WITA.